5 Bentuk Potongan Batu Permata Akik

5 Bentuk Potongan Batu Permata Akik
Secara spesifik potongan batu permata akik ini memiliki beberapa tipe yang disesuaikan dengan jenis keindahan batu. Jenis potongan disesuaikan untuk memaksimalkan tampilan pada batu akik. Berikut ini jenis potongan batu akik secara spesifik.

1. Potongan Jenis Brilian (Brilliant Cut)
5 Bentuk Potongan Batu Permata Akik
Potongan jenis ini adalah standar potongan untuk jenis diamond. Namun potongan ini juga sering digunakan untuk batu mulia yang lain seperti batu akik. Untuk facet pada potongan ini sebanyak 57 atau 58 dengan satu culet.

Potongan jenis ini sampai saat ini belum juga diketahui siapa penemu nya. Namun kabar yang paling santer potongan ini diperkenalkna oleh seorang perajin dari Venesia yang ia kenalkan pada sekitar abad 18.






2. Potongan Jenis Setengah Bulat (Cabochon Cut)
5 Bentuk Potongan Batu Permata Akik
Istilah cobochon berasala dari bahasa Perancis yang berarti kepala, istilah ini sering dipakai untuk batu permata yang sudah dipoles sehingga memiliki bentuk yang bulat halus. Lumrahnya bentuk yang dihasilkan adalah lingkaran setengah dengan permukaan rata pada bagian bawahnya. Pemotongan tipe ini digunakan untuk batu mulia yang mempunyai warna seperti sapir dan jenis mata kucing.






3. Potongan Jenis Datar/ Persegi (Step Cut)
5 Bentuk Potongan Batu Permata Akik

Model potongan hampir menyerupai dengan potongan brilian, atau juga sering disebut dengan istilah trap cut dan juga emerald cut. Tipe potongan seperti ini biasanya digunakan pada jenis batu mulia yang berbentuk persegi panjang. Selain bentuk yang persegi panjang juga bisa diterapkan pada batu yang berbentuk bujur sangkar dan segi empat. Untuk menghindari keretakan yang terjadi biasanya pada sudut – sudut nya dipotong sedikit. Model seperti ini bisa memaksimalkan tampilan batu mulia yang bersih dan mempunyai kekayaan warna.


4. Potongan Jenis Campuran (Mixed Cut)
5 Bentuk Potongan Batu Permata Akik

Tipe potongan seperti ini biasanya berbentuk bulatan dengan sentuhan crown layaknya potongan pada model brilian. Sangat sesuai dengan batu jenis Safir dan Ruby. Dengan warna warni yang ada pada jenis batu safir, model potongan campuran sangat sempurna untuk menampilkan keelokan rupa nya.






5. Potongan Jenis Mewah (Fancy Cut)
5 Bentuk Potongan Batu Permata Akik
Potongan model seperti ini memiiki ragam yang banyak dan sangat kreatif. Model triangular, pentagon serta hexagon juga termasuk dalam jenis potongan batu mulia jenis ini.

Potongan Fancy Cut adalah pilihan yang sangat tepat untuk jenis batu mulia yang mewah.









Dmikian Dari 5 Bentuk Potongan Batu Permata Akik

Related Posts: